Selasa, 15 Januari 2013

Untung Rugi Menyalakan Lampu Motor Siang Hari



Dalam berlalu lintas, ada prinsip "Untuk melihat dan dilihat" saat di jalan. Kita harus melihat keadaan sekitar dan untuk dilihat orang lain. Selain itu, kita juga perlu mempunyai kemampuan melihat dan mencerna situasi dengan baik.

Terlebih, situasi lalu lintas di Jakarta yang sudah sangat padat. Jumlah kendaraan terus meningkat. Di sisi lain, kesadaran berkendaraan masih kurang, sehingga angka kecelakaan lalu lintas pun masih tinggi.

Menindak lanjuti keadaan ini, seperti dikutip dari TMC Polda Metro Jaya, lahirlah peraturan di mana para pengendara sepeda motor wajib menyalakan lampu utama pada siang hari. Kewajiban menyalakan lampu di siang hari itu sudah diatur dalam Pasal 107 ayat (2) UU No 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Pelanggar aturan itu didenda Rp100 ribu atau dipidana dengan kurungan paling lama 15 hari sebagaimana tertuang dalam ketentuan denda, Pasal 293 ayat 2.

Jadi, tujuan lampu motor siang hari wajib dinyalakan itu untuk memperkecil angka kecelakaan lalu lintas, khususnya yang melibatkan sepeda motor. Sebab, dengan menghidupkan lampu di siang hari, akan sangat membantu bagi kendaraan lain atau pengemudi mobil lain untuk dapat melihat keberadaan kendaraan kita.

Untuk itulah, para produsen atau pabrikan kendaraan roda dua pun sejak tahun lalu (2012), memproduksi motor yang secara otomatis lampunya menyala ketika kendaraan mulai dihidupkan.

Namun, pernahkah terbayang atau terpikirkan oleh kita dampak yang terjadi dengan lampu yang otomatis menyala pada motor saat distart itu. Terutama, ketika kendaraan roda dua itu masuk ke gang-gang sempit yang penuh dengan anak muda nongkrong pada malam hari.

Sebab, hal itu bisa memicu terjadinya cekcok mulut yang berujung dengan terjadinya tawuran, akibat sorotan lampu yang menyilaukan mata.

Untuk itu, kadang bagi sebagian pemilik motor tahun 2012 ke atas merelakan merogoh koceknya walau hanya untuk memasang sakelar tambahan agar lampu motor bisa distel menyala atau mati seperti motor-motor produksi sebelumnya.

Memang penerangan lampu pada kendaraan itu banyak positifnya, tetapi tidak ada salahnya juga untuk memikirkan dampak negatifnya walau sekecil apapun. Bagaimana komentar Anda?

18 komentar:

  1. Lebih baik lampu sepeda motor tidak hidup di siang hari, karena tetap saja ga ngaruh mengurangi kecelakaan sepeda motor..Buang2 energi

    BalasHapus
  2. saya sangat tidak setuju peraturan ini, karena lebih banyak kerugiannya daripada manfaatnya al :
    - pemborosan energi dan uang, aki dan bulb nya lebih cepat habis/mati
    - tidak signifikan manfaatnya buat pengendara lain, karena perilaku berkendara yang masih ngawur dan ng tau aturan, sradak sruduk sana sini yang tidak ada hubungannya dengan pemakaian lampu siang hari
    - membuat orang lain terganggu karena silau

    Jadi saran saya sebaiknya pabrikan kembali memasang saklar lampu besar, biar pengendara yang menentukan mau menyalakan atau tidak lampunya, karena kalau tdk meyalakan sudah ada sangsinya.

    BalasHapus
  3. salah satu dampak kecil lainnya juga berefek kepada penambahan suhu panas di bumi, karena energi cahaya akan menghasilkan energi kalor(panas)..dan komponen2 lampu akan cepat aus.

    BalasHapus
  4. Saya juga setuju dengan pendapat teman HARRY, Reza, dan Robiansyah. Salam kenal dan terima kasih sudah saling mengisi.

    BalasHapus
  5. ini pemborosan energi, mana ada efeknya ke pengendara lain klo siang bolong dihidupin lampu, kecuali kalo sedang hujan atau berkabut, ni para polisi plis deh buat aturan kok kaku dan gk implementif banget ya, sekarang lagi gencar2nya global warming n "matikan lampu di siang hari", ni kok malah nyalain lampu,

    BalasHapus
  6. ini mungkin sj ada unsur2 politik didalamnya,,
    lebih banyak ruginya,,buktinya lampu motor sy sudah tdk berfungsih karena keseringan menyala,,,,,dan lebih lagi boros energi....kalau kita tanya keseluruh pengendara motor diseluruh indonesia pasti 99% menjawab tidak setuju dengan aturan seperti ini...

    BalasHapus
  7. motor segede gitu emang masih gak kelihatan ya kalau siang?? :)

    BalasHapus
  8. sang pencipta ide menyalakan lampu pasti orang indonesia,,,
    beliau adalah orang paling sok tau yg membuat penelitian bertahun tahun oleh pencipta kendaraan roda dua alias motor menjadi sia-sia
    saya sangat yakin, ad banyak alasan kenapa pabrik awal pembuat kendaraan menyiapkan saklar untuk menghidupkan atau mematikan lampu tersebut, kenapa bisa-bisanya membuat kebijakan menyalakan lampu wajib disiang hari,,,
    hanya orang tolol yang membuat kebijakan ini

    BalasHapus
  9. sang pencipta ide menyalakan lampu pasti orang indonesia,,,
    beliau adalah orang paling sok tau yg membuat penelitian bertahun tahun oleh pencipta kendaraan roda dua alias motor menjadi sia-sia
    saya sangat yakin, ad banyak alasan kenapa pabrik awal pembuat kendaraan menyiapkan saklar untuk menghidupkan atau mematikan lampu tersebut, kenapa bisa-bisanya membuat kebijakan menyalakan lampu wajib disiang hari,,,
    hanya orang tolol yang membuat kebijakan ini

    BalasHapus
  10. Menyalakan Lampu di siang hari wajib, kalau DAERAH SEKITAR ITU BERKABUT tapi kalau cuaca cerah, Sepertinya tidak pantas untuk menyalakan lampu di siang hari. Tau ngga akibatnya menyalakan Lampu di siang Hari? Itu cuma bisa merusak sebagian komponen kenderaan tertama B lampu. Msh banyak aturan yg lainnya bisa diperbaiki dulu dari pada aturan yg ini, untuk menghindari kecelakaan.

    BalasHapus
  11. sang pencipta ide menyalakan lampu pasti orang indonesia,,,
    beliau adalah orang paling sok tau yg membuat penelitian bertahun tahun oleh pencipta kendaraan roda dua alias motor menjadi sia-sia
    saya sangat yakin, ad banyak alasan kenapa pabrik awal pembuat kendaraan menyiapkan saklar untuk menghidupkan atau mematikan lampu tersebut, kenapa bisa-bisanya membuat kebijakan menyalakan lampu wajib disiang hari,,,
    hanya orang tolol yang membuat kebijakan ini

    BalasHapus
  12. sang pencipta ide menyalakan lampu pasti orang indonesia,,,
    beliau adalah orang paling sok tau yg membuat penelitian bertahun tahun oleh pencipta kendaraan roda dua alias motor menjadi sia-sia
    saya sangat yakin, ad banyak alasan kenapa pabrik awal pembuat kendaraan menyiapkan saklar untuk menghidupkan atau mematikan lampu tersebut, kenapa bisa-bisanya membuat kebijakan menyalakan lampu wajib disiang hari,,,
    hanya orang tolol yang membuat kebijakan ini

    BalasHapus
  13. Yang terbanyak menyebabkan kecelakaan adalah karena perilaku berlalulintas yg kurang tertib. KNP bisa tidak tertib ? Karena Orang yang mencari SIM masih bisa lewat "blkng". Shg peraturan berlalulintas yg baik tdk diketahui oleh mrk yg cari sim leawt jln blkng.

    BalasHapus
  14. Ujung-ujung ..... menjaring peluang pendapatan / pemasukan..bagi aparat karena pengendara yg melanggarnya....

    BalasHapus
  15. kelistrikan motor saya jebol gara2 perarturan ini

    BalasHapus
  16. tapi polisi banyak yang suka reseh klo lampu gak dinyalain, masalah ane pernah gan ke tilang gara2 cuma lampu tidak nyala siang hari..

    Thanks untuk sharing informasinya

    BalasHapus
  17. Terima kasih atas komentarnya kawan2ku semua. Maaf, sdh lama baru buka lagi krn sesuatu hal.

    BalasHapus